Tertipu Lowongan Kerja Ngetik Captcha, Input Data, Data Entri

kali ini saya ingin membahas banyak cerita penipuan online, diantaranya ada yang merasa tertipu lowongan kerja ngetik captcha dibayar rupiah. Ada yang bilang, kerja ngetik captcha ini bukan penipuan, tapi oknum yang menggunakan cara menipu. Mencari kerja dan info lowongan semakin sulit di negeri ini. Peluang kerja lebih sedikit dari yang membutuhkan. Jalannya memang semakin mudah, bisa lewat Facebook dan situs-situs promosi seperti olx.co.id. Bisa dilihat di HP atau laptop. Diantara para pekerja yang mungin sudah putus asa mencari kerja, ada beberapa yang menipu rekannya, bahkan yang sudah kaya pun berbuat demikian.

Penipuan ada yang dianggap biasa, katanya strategi. Di negeri ini hal ini dianggap biasa. Pedagang saja yang katanya kerja halal, biasa bilang, “Saya hasil sedikit, Pak. Kalau segitu saya rugi,” padahal hasilnya sudah 3 kali lipat. Begitu juga dengan info lowongan kerja.

Ciri Lowongan Penipuan bukan Kerja Ngetik Captcha

Contoh Lowongan kerja dalam kantor, kerja kantoran, non sales, jenjang karir HRD, OB, Sekretaris, Satpam, dsb. Urutan jenjang tidak jelas. Kemudian honornya “Penghasilan 1 juta – 3 juta”, menggunakan kata penghasilan. Ini biasa kita temui di situs olx.co.id. Saya tanya sama teman-teman terdekat di daerah yang promosi, ternyata, katanya disuruh bayar uang, dan kerja tidak jelas.

Hasil 50.000.000,- dalam waktu 2 jam. Kaya mendadak dari kerja santai. Sambil tiduran bisa jadi millionaire, dsb. Dulu saya tertarik dengan Excenza yang kerjanya hanya posting iklan. Yang mempromosikan pura-pura lagi suka kerja di Excenza. Setelah lebih dari 2 tahun akhirnya saya coba. Memang tidak menipu dan benar-benar bayar. Tetapi, yang mengecewakan adalah transparansi kerjanya. Promosinya kerja enak. Ternyata, kita harus posting iklan sekitar 1000.000 iklan dalam sebulan. Situs yang perlu diposting perlu mencari, kalau sudah dapat perlu daftar, dsb. Ada deadline dalam seminggu harus berapa gitu. Jika terlambat, atau tidak selesai, sia-sialah kerjanya. Jika ada yang salah, sia-sialah kerjanya. Padahal untuk kerja di situ harus bayar dulu. Ini semacam MLM.

baca juga: Cerita Sukses Seorang Konsultan

Yang kedua saya tertarik dengan DNI. Beruntung langsung banyak yang memberi info dan testimoni bahwa setelah tiba di tempatnya hanya dimintai uang. Ada lagi lowongan pemintalan benang dengan gaji besar, ternyata disuruh bayar juga.

Lowongan Kerja Ngetik Captcha

Dulu saya pernah ikut kerja mengetik captcha, dapat dari group facebook infonya. Kerja ngetik captcha ini memang benar-benar membayar, tapi resminya captcha yang harus dikerjakan hanya sedikit dalam sehari, penghasilan pun sedikit, tergantung banyaknya captcha yang harus diketik. Nah, oleh orang-orang diakali dengan software, sehingga bisa mengerjakan banyak captcha dalam sehari. Bahakan ada yang bisa $5 dalam semalam. Penghasilan Sekitar 5000 dari ngetik captcha lah yang diketik. Itu pun kalau diterima semua. Kalau tidak sesuai kan ditolak.

Software alat bantu kerja ngetik captchah ini banyak dijual di internet sebenarnya. Salah satu web yang menjelaskan tentang bagaimana bisa menghasilkan uang dengan kerja ngetik captcha adalah brilio.net. KAtanya, kerja ngetik captcha ini dibayar $0.5 per 1000 captcha. Hmm… Lumayan banyak ya, 1000 captcha. Jadi, andai jumlah captcha yan harus diketik ini disampaikan saat promosi lowongan kerja online ngetik captcha ini, tentu sedikit yang minat. Apalagi harga softwarenya lumayan mahal untuk orang-orang yang belum kerja. Ya, begitulah promosi yang tidak profesional, apapun dilakukan agar barang jualannya laku. Tak peduli pembeli akan merasa ketipu.

Nah, kemudian munculah lowongan kerja ngetik captcha, ada yang menggunakan bahasa input data, data entri, dsb. Agak keren lah bahasanya. Uniknya, lamarannya cukup sms. Ternyata, lowongan ini adalah penjual software untuk mengetik captcha seharga Rp 300 ribuan. Tentu saja ada yang merasa tertipu, contohnya:

Kerja ngetik captcha, kerja ngetik captcha dibayar rupiah, penghasilan ngetik captcha, penghasilan dari ngetik captcha, cara daftar ngetik captcha, pengalaman ngetik captcha

Ternyata Linda sudah bayar Rp 300.000, dan hanya mendapat 25.000 dalam waktu 2 minggu.

Cerita Dapat Uang Dari Kerja Ngetik Captcha

Berikut Cerita pengalaman ngetik captcha pemilik akun kompasiana bernama pekick menulis ceritanya mendapatkan uang dari kerja ngetik captcha. Cerita tersebut terbit 11 Maret 2017 di Kompasiana, topik humaniora. Ceritanya dia lagi browsing nyari bahan kaos murah karena ada permintaan dari temannya untuk nyablon kaos dengan gambar tipe custom. Tetapi, tiba-tiba ia menemukan komentar yang menyebut 2captcha. Ia pun penasaran dan membukanya.

Ia pun mencari tahu cara daftar ngetik captcha tersebut dan mendaftar dengan emailnya hingga diterima di situs kerja ngetik captcha tersebut. Dalam trainingnya, katanya dia bisa mengerjakan sekitar 39 captcha yang ia ketik. Usai training ngetik captcha, ia pun mulai kerja ngetik captcha tersebut. Katanya cukup lama juga untuk mendapatkan dolar. Katanya bayaran kerja ngetik captcha itu kecil, bahkan ada yang tidak membayar sekalipun sudah selesai diketik captchanya. Bayaran ngetik captcha tersebut ada yang 0.35 ada juga yang 0.17 dollar. Wah, kecil banget ya. (sumber: kompasiana.com/pekick/)

Dari cerita ini, berarti lowongan kerja online mengetik captcha ini bukan penipuan, hanya saja bahasa promosinya yang kurang jujur. Seharusnya, kalau memang mau jualan software, ya jangan buka lowongan, tapi promosi jualan software untuk alat bantu kerja ngetik captcha.

Kerja ngetik captcha ini juga bisa anda temukan di kaskus. Ada perusahaan namanya Megatypers. Perusahaan ini membayar para pekerja ngetik captcha. Bahkan, katanya, bisa menghasilkan $100 hingga $250 dalam sebulan. Wah, lumayan juga ya penghasilan ngetik captcha di megatypers ini. Tentunya, anda harus kerja keras ngetik captchanya, dan tidak semua capctha yang anda ketik disetujui/approved. Jadi, perlu ngetik banyak captcha? ya.

Kebohongan atau penipuan yang legal

Di negeri yang terkenal dengan kesantunan dan adat ketimurannya ini ternyata kebohongan dan penipuan sangat legal. Himbauan kepada korban mulai banyak disuarakan. Apa himbauan menyelesaikan???

Seharusnya pemerintah tegas menindak pelaku dan pihak yang terkait. Kalau perlu situs promosi diberi aturan lebih ketat. Situs olx.co.id yang dulunya bernama tokobagus.com bisa mempromosikan di TV dan dilihat banyak orang. Pemerintah mengizinkan hal tersebut. Lalu, jika hal-hal menipu bisa dipromosikan di situs tersebut, kenapa bebas berpromosi untuk publik???

Beberapap waktu lalu saya sempat melihat tayangan berita yang memberitakan bahwa polisi juga aktif di media. Pelanggaran di media juga akan ditindak. Semoga penipuan lowongan kerja semacam ini juga termasuk menjadi sasaran.

LSM juga perlu bergerak untuk menindak hal ini.

Saran dari saya untuk pencari kerja

Jika menerima tawaran kerja dengan membayar gaji di depan, pastikan anda kenal dengan orang-orang yang sudah sukses, baru putuskan untuk ikut. Sebaiknya, jika belum kenal, minta dipinjami saja kepada yang promosi cepat kaya, nanti minta potong penghasilan. Jika ngajak ketemuan, sebaiknya hindari saja, jika terpaksa pastikan di tempat yang sangat aman (bahaya hipnotis).

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *