Rencana Program Pembelajaran Kurikulum 2013

rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) kurikulum 2013, contoh rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, komponen rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, format rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013,

Rencana program pembelajaran Kurikulum 2013 merupakan rencana yang didesain untuk sebagai penggambaran prosedur pembelajaran dalam mencapai satu Kompetensi Dasar yang terdiri atas indikator, Standar Isi. Hal tersebut dijabarkan di dalam sebuah silabus. Lingkup Rencana Program Pembelajaran mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu atau beberapa indikator dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Rencana Program Pembelajaran Kurikulum 2013 adalah persiapan yang dilakukan guru sebelum memulai melakukan pembelajaran di kelas. Persiapan tersebut dapat diartikan persiapan tertulis maupun mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang kondusif dan produktif, termasuk meyakinkan peserta didik untuk mau turut terlibat sepenuhnya.

Baca juga: Kumpulan Contoh Kode Etik Sekolah Dasar Lengkap

Rencana pembelajaran ini dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus dan buku teks pembelajaran. Adapun Rencana Program Pembelajaran mencakup:
• Identitas Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas / Semester
• Alokasi Waktu
• Kompetensi Isi, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi
• Materi Pembelajaran
• Kegiatan Pembelajaran
• Penilaian
• Media/alat, bahan dan sumber belajar.

Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Berlandaskan Permendiknas No. 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses, bahwa perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) yang mengacu kepada Standar Isi. Adapun Perencanaan Pembelajaran meliputi, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran serta skenario pembelajaran. Penyusunan Rencana program pembelajaran dan silabus harus disesuaikan pada pendekatan pembelajaran yang digunakan.
-Silabus
Silabus disusun sebagai acuan dalam penyusunan kerangka pembelajaran dalam setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus sendiri memuat identitas mata pelajaran, kompetensi dasar (KD), kompetensi isi (KI), materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu serta sumber belajar.
-Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah rancangan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka dalam satu atau lebih pertemuan. RPP dikembangkan melalui silabus dalam rangka mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai KD atau Kompetensi Dasar.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai desain rencana program pembelajaran Kurikulum 2013. Semoga dapat memberi manfaat bagi Anda khususnya para pendidik atau para guru-guru diseluruh indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *