Pentingnya Mengetahui 8 Standar Kompetensi Kepala Sekolah

kompetensi kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah terbaru, kompetensi kepala sekolah abad 21, uji kompetensi kepala sekolah,

Apa itu standar kompetensi kepala sekolah? Ini adalah suatu kriteria atau standar minimal yang harus dimiliki seorang guru yang akan atau sedang menjabat sebagai kepala sekolah. Karena peranannya yang begitu penting, 8 standar kompetensi kepala sekolah memiliki fungsi sebagai dasar dalam melakukan sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

8 Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Salah satu tujuan dari standar kompetensi kepala sekolah adalah untuk memberikan jaminan terhadap mutu pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk karakter, serta peradaban bangsa yang bermartabat. Selain kepala sekolah, tingkat keberhasilan proses belajar siswa juga turut membutuhkan peranan berbagai pihak.

Dengan menjabat sebagai kepala sekolah, artinya seorang guru tersebut akan memimpin dalam manajemen sekolah, termasuk mengatur guru dan siswa yang ada di dalamnya. Tak heran jika pada akhirnya standar kompetensi menjadi hal penting, yang akan digunakan kepala sekolah untuk menggerakkan dan mengembangkan semua potensi di sekolah. Sehingga terciptalah sebuah perusahaan positif yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.

baca juga: Kepala Sekolahku Cantik

Oleh karena standar kompetensi bagi kepala sekolah tidak dibuat secara sembarangan, sebab semuanya sudah tercantum dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 13 Tahun 2007. Berikut ada 8 standar kompetensi kepala sekolah yang harus terus ditingkatkan, antara lain :

  • Kompetensi kepribadian
  • Kompetensi sosial
  • Kompetensi manajerial
  • Kompetensi kewirausahaan
  • Kompetensi supervisi
  • Kompetensi pedagogik
  • Kompetensi profesional
  • Memiliki jiwa mengabdi

Sederhananya, kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jika dilihat dari status dan cara pengangkatannya memang tergolong sebagai pemimpin resmi, formal leader, atau pun berstatus sebagai leader.

Khususnya untuk status leader sendiri bisa meningkat menjadi functional leader. Namun demikian, hal tersebut sangat bergantung pula dari prestasi dan kemampuan yang dimiliki ketika memainkan perannya sebagai kepala sekolah.

Selain itu, sebagai kepala sekolah seseorang diharuskan memiliki kemampuan menggerakkan, memberikan motivasi, dan mempengaruhi orang lain agar bersedia melakukan tindakan yang terarah untuk mencapai suatu tujuan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 8 standar komptensi kepala sekolah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *