Penipuan Excenza

Banyak saudara kita yang mencari pekerjaan, demi meyambung hidup, demi mewujud impian. Mereka berlomba. Ada yang baik mengulurkan tangan buat mereka, ada yang jahil, ada yang super tega menipunya. Banyak yang menawarkan pekerjaan, ada yang beneran, ada yang penipuan.

Ada yang sudah mendapat pekerjaan, tapi ternyata bosnya lebih kejam dari buaya, atau rekan kerja yang tidak kooperatif. Sehingga, banyak yang memilih menjadi pengusaha mandiri, bisa mengatur waktu.

Di era baru, ada jalur baru untuk meraih penghasilan, namun tidak sedikit pula penipuannya. Salah satunya adalah Excenza.com. Saya pernah bertanya dimana kantornya pada yang sudah gabung, belum terjawab. Artinya, bisnis ini hanya ada di dunia maya. Tetapi member-membernya tidak ada yang tidak dibayar, semua digaji.

Namun, ada banyak yang mundur, alasannya tugasnya terlalu berat. Mereka merasa tidak sebanding antara kerjaan dan bayaran. Banyak pilihan memang dalam bekerja, ada yang besar bayarannya, tapi berat, ada yang bayaran pas-pasan, tapi nyaman kerjaannya, ada yang kerjanya berat, gaji dikit, lingkungannya buruk amat. Tetapi jika tidak ada pilihan lain, apapun akan dilakukan.

Mengenai Excenza?

Sampai saat ini belum ada yang mengatakan bisnis ini penipuan, sudah terbukti. Saya sendiri juga sudah membutikan, tetapi, senior-senior yang rupanya agak menipu dalam mempromosikannya. Ini yang menurut saya kurang sehat. Jamaah yang tidak baik mengkhawatirkan kehidupannya, bisa ambruk ni bisnis jika banyak kebohongan yang dilakukan member-membernya.

Apa kebohongannya?

Dalam promosinya, “Tak perlu cari iklan baris, sudah tersedia, tersedia banyak job tambahan, dan semacamnya.” Ini kurang fair. Kenyataannya tidak begitu, member baru perlu mencari dulu/memilih-milih situs iklan baris yang aktif dari yang tersedia. Syukurlah jika ternyata lebih dari separuh yang bisa digunakan

Namun, beberapa senior mendirikan group di facebook untuk sharing, jadi bisa minta bantuan di sana. Meskipun tidak seratus persen dibantu.

Intinya, semua butuh kerja keras.

Promo-promo cepat kaya, kerja ringan hasil banyak, itu memang menarik, tapi membuat mati semangat. Ini hanya mematikan masa depan. Lebih baik dekat sama orang yang suka memotivasi, meskipun jalannya terjal, ini akan mengantar anda pada derajat yang tinggi, bukan jadi pemalas yang banyak berkhayal.

Sebar kata-kata motivasi, itu lebih baik.

9 Comments

  1. Wirahadi Kusuma
  2. Anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *