Pengertian Kurikulum 2013 Menurut Para Ahli

pengertian kurikulum 2013 menurut permendikbud, pengertian kurikulum 2013 menurut para ahli, pengertian kurikulum 2013, pengertian kurikulum 2013 revisi,

Pengertian Kurikulum 2013 Menurut para Ahli – Memang kurikulum yang dipakai oleh jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas saat ini memiliki beragam polemic serta kurang lebihnya, dari semenjak peluncuran pertama kalinya. Kali ini admin akan membahas sedikit tentang pengertian Kurikulum 2013 menurut beberapa ahli yang diantaranya sebagai berikut.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

1. Menurut Kerr,J.F
Pengertian kurikulum 2013 menurut Kerr,J.F, Kurikulum 2013 merupakan sebuah pembelajaran yang disusun dan dilakukan secara sendiri-sendiri atau secara berkelompok, baik dilingkungan sekolah atau diluar sekolah. Kurikulum bisa dibuat dari pihak sekolah itu sendiri atau para pembimbing yang sudah memperoleh hasil mengajar yang sudah ditentukan.

Baca juga: Rencana Program Pembelajaran Kurikulum 2013

Menurut UU No.20 Tahun 2003 kurikulum merupakan peraturan yang tujuannya untuk mencapai tujuan, visi, dan misi pada saat melaksanakan pembelajaran di sekolah tersebut, dan gunanya untuk meningkatkan kemampuan siswa, sikap, keterampilan, dan juga pengetahuan siswa.

Kurikulum 2013 ini memiliki metode penyelesaian dan cara menyampaikan guru saat mengajar dan memberikan solusi kepada siswanya seperti Metode Keteladanan, Metode penyelesaian masalah dan Silabus. Metode keteladanan ialah metode pembelajaran yang disesuaikan tingkah laku seorang guru yang nantinya akan ditiru oleh siswanya, Metode penyelesaian masalah ialah cara guru menyampaikan materi saat mengajar bisa dipahami oleh siswanya, dan SILABUS ialah metode pembelajaran yang dibuat agar siswanya menguasai materi pembelajaran, kompetensi dasar, dan kegiatan pembelajarannya dilakukan secara efektif dan efisien sehingga siswanya bisa lulus dengan standar kompetensi yang dicapai.

2. Menurut Nana Syaodih
Pengertian kurikulum 2013 menurut Nana Syaodih, Kurikulum ialah suatu rencana yang isinya memberikan pedoman saat proses belajar mengajar, dan kurikulum 2013 ini dianggap sebagai proses belajar mengajar yang sudah direncanakan oleh pihak sekolah, menurut UU No.20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 19, kurikulum ialah suatu rencana dan peraturan yang mencakup tujuan, visi, dan misi sekolah saat proses belajar mengajar.

Kurikulum ini membedakan antara rencana dan fungsi, dan kurikulum 2013 ini dibuat untuk membangun karakter anak bangsa yang saat ini, seperti mengkonsumsi narkoba, kekerasan dan lainnya, rendahnya moral dan sikap.
Tujuan diadakannya kurikulum 2013 ini ialah untuk membangun anak Indonesia agar mempunyai kemampuan hidup memiliki pribadi yang beriman, kreatif, memiliki skil, produktif, serta mampu mengemukakan pendapat di kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di kemudian hari. Kurikulum 2013 ini merupakan hasil dari perkembangan kurikulum 2006 atau KTSP.

Dan itulah dari penjelasan singkat mengenai pengertian kurikulum 2013 menurut beberapa ahli, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan lebih paham lagi mengenai kurikulum 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *