Modal Ternak Kambing Untuk Pemula

perhitungan ternak kambing, untung ruginya ternak kambing, harga bibit kambing

Modal Ternak Kambing Untuk Pemula – Usaha ternak kambing sekarang ini sangat digandrungi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan selain mudah untuk dipelihara ternyata usaha ternak kambing ini tidak memerlukan banyak biaya jika dibandingkan dengan bisnis ternak sapi. Selain anda dapat menjual dagingnya, anda juga dapat menjual susu kambing yang mempunyai nutrisi sangat baik, anda juga dapat memanfaatkan kulitnya untuk dijadikan beranekaragam kerajinan seperti tas, sepatu, topi, dan berbagai jenis barang lain yang tentunya jika dijual di pasaran barang ini akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Menarik bukan? Kambing ini sangat banyak diminati oleh masyarakat muslim di dunia saat mendekati idul adha atau pada saat mereka hendak melakukan aqiqah baik untuk anaknya maupun untuk keluarganya. Mereka yang tinggal di pedesaan biasanya menjadikan bisnis ternak kambing ini sebagai bisnis sampingan yang sangat menguntungkan karena tidak memerlukan modal yang terlalu besar namun memiliki banyak keuntungan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kambing Kejang

Memangnya kira-kira berapa ya modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis ternak kambing pemula ini? Simak penjelasannya sebagai berikut :

Perhitungan Modal Ternak Kambing Untuk Pemula

1. Bibit Kambing

Bibit kambing bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 1 jutaan. jika bibit kambing satu ekor memiliki harga sebesar Rp 200 ribu, maka modal usaha yang harus dikeluarkan untuk membeli 10 ekor kambing adalah senilai Rp 2 juta. Ini termasuk kambing yang kecil-kecil atau masih anak-anak.

2. Kandang kambing

Pembuatan kandang kambing kurang lebih sekitar Rp 1 juta. Kandang kambing ini merupakan kandang kambing yang dibuat secara sederhana dengan menggunakan kayu. Biasanya para peternak kambing lebih memilih untuk membuat kandang kambing sendiri daripada harus mempekerjakan orang lain untuk membuat kandang kambing tersebut

3. Pakan kambing

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli pakan kambing dan konsentrat vitamin biasanya sekitar Rp 100 ribu perbulan.

4. Upah

Upah karyawan dalam memelihara kambing ternak kira-kira sekitar Rp 700 ribu perbulan dan bisa saja lebih dari itu jika jumlah ternak kambing sangat banyak. Jadi, bisa diasumsikan bahwa gaji karyawan tergantung pada banyaknya jumlah ternak kambing yang ingin anda pelihara.

Dari penjelasan diatas modal yang perlu anda siapkan untuk memulai usaha bisnis kambing untuk pemula sangat lah sedikit bukan? Anda hanya memerlukan modal kurang lebih 5 jt tapi dalam setahun bisa mendapatkan keuntungan hingga 15 jt. Jadi, kapan anda akan memulai bisnis ternak kambing ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *