Mengetahui Fungsi AD ART Komite Sekolah

ad art komite sekolah, ad art komite sekolah dasar

Apa fungsi AD ART Komite Sekolah? Pada dasarnya Komite Sekolah didefinisikan sebagai suatu organisasi masyarakat sekolah yang memiliki komitmen dan loyalitas tinggi, juga kepedulian peningkatan kualitas sekolah. Komite Sekolah yang dibentuk bisa dikembangkan secara khas dan berakar dari nilai – nilai kesepakatan, budaya, demografis, ekologi dan kepercayaan.

Selain itu, Komite Sekolah harus merupakan pengembangan kekayaan filosofis masyarakat secara kolektif. Komite Sekolah lebih berfokus pada peningkatan mutu pelayanan pendidikan. Keberadaan komite sekolah cukup berperan dalam peningkatan mutu kwalitas sekolah.

Mengetahui Fungsi AD ART Komite Sekolah

Soal fungsi, AD ART Komite Sekolah secara umum fungsinya dilaksanakan secara gotong royong, mandiri, akuntabel, demokratis dan profesional. Lalu dalam pelaksanaannya sendiri, Komite Sekolah memiliki tugas penting sebagai berikut.
• Melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan, baik perorangan, organisasi, dunia bisnis, dunia industri, atau pun pemangku kepentingan lainnya.
• Memberi pertimbangan ketika menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan secara kreatif dan inovatif.
• Terus memberikan pengawasan terhadap pelayanan pendidikan di sekolah agar sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
• Menindaklanjuti segala bentuk keluhan, saran, kritik dan aspirasi peserta didik, orantua atau wali, dan masyarakat.

Baca juga: Syarat Menjadi Kepala Sekolah Terbaru

Dan di bawah ini adalah beberapa tugas penting Komite Sekolah yang harus Anda tahu.
• Melakukan penyusunan AD ART Komite Sekolah.
• Mendorong tumbuhnya perhatian serta komitmen masyarakat terhadap mutu pendidikan.
• Mengajak masyarakat dan pemerintah untuk bekerjasama dengan baik, sebab yang demikian berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermutu.
• Menampung dan melakukan analisa aspirasi, tuntutan, ide dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat.
• Memberi sejumlah masukan, pertimbangan dan rekomendasi mengenai kebijakan serta program sekolah, kriteria sekolah, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, RAPBS dan beberapa hal lainnya yang ada kaitannya dengan pendidikan.
• Mendorong para orangtua atau wali, dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pendidikan. Sehingga tercapailah peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan.
• Melakukan penggalangan dana masyarakat untuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
• Evaluasi dan melakukan pengawasan terhadap kebijakan program dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Nah, itu dia beberapa fungsi penting AD ART Komite Sekolah yang penting untuk Anda ketahui. Semoga informasinya bermanfaat.

AD ART ini penting sebagai dasar bagi komite sekolah dalam bekerja. Jika tidak ada AD ART, kerja komite menjadi tidak terarah, seperti orang berjalan di hutan, atau seperti kereta yang tidak berjalan di relnya. Bisa dibayangin, jika sebuah organisasi tanpa AD ART, maka akan menjadi tidak jelas jalannya. Arah kerjanya tidak akan terarah, dan sulit untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Banyak organisasi yang mengabaikan pentingnya AD ART, biasanya pimpinannya bersikap seperti seorang raja, mereka memaksa bawahan untuk mengikuti kemauannya, seakan-akan apa yang ada dalam pikirannya itu adalah yang terbaik, padahal dia bukan Tuhan. Pemimpin yang seperti ini biasanya tidak disukai bawahan. Tetapi, karena posisinya berada di atas, sedang memegang kekuasaan, maka enak saja dia bersikap begitu.

Organisasi yang AD ARTnya tidak jelas itu bukan tidak ada musyawarah, hanya saja musyawarahnya didominasi oleh pimpinan, ya, jadinya seperti ceramah, seperti khutbah. Jadi,bawahan cukup mengiyakan keinginan pimpinan, tidak perlu berkomentar. Biasanya, kalau terjadi masalah, bawahan yang disalahkan. Pokoknya semaunya sendirilah pimpinan seperti ini. Nah, jika komite sekolah yang mengabaikan funsi AD ART, wah, ini berbahaya bagi sekolah, bagi berlangsungnya pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *