Ketahui Peran Penting Administrasi Sekolah Dasar

administrasi sekolah dasar untuk akreditasi, administrasi sekolah dasar

Seberapa pentingnya peranan administrasi Sekolah Dasar (SD)? Singkatnya, pengertian administrasi secara umum adalah proses atau upaya untuk mencapai suatu tujuan pendidikan dengan cara memperhatikan berbagai aspek pendidikan. Administrasi seperti saraf dalam badan manusia. Lewat administrasi inilah maka bisa dilakukan sebuah peningkatan mutu dan perbaikan sistem pendidikan dengan pemanfaatan berbagai perangkat pendukung aktifitas belajar dan mengajar.

Berikut akan kami jelaskan lebih lengkapnya mengenai peran penting administrasi untuk Sekolah Dasar. Silakan simak ulasannya.

Ketahui Peran Penting Administrasi Sekolah Dasar

Berbicara mengenai administrasi Sekolah Dasar pada dasarnya ada banyak upaya yang harus dilakukan guna mencapai suatu tujuan. Misalnya, memastikan masyarakat agar mendapatkan pendidikan wajib belajar 9 tahun, kemudian dilanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan sampai ke perguruan tinggi jika memang memungkinkan.

Baca Juga: Makna Administrasi Guru

Kita tahu, pendidikan bukan hanya di bidang akademis saja, tetapi sudah mencakup pendidikan lain. Misalnya pendidikan karakter yang didapat dari keluarga, pendidikan tata krama, dan masih banyak lagi. Administrasi juga didefinisikan sebagai bentuk keseluruhan proses dan kegiatan bersama yang dilakukan semua pihak yang ada kaitannya dengan tugas – tugas pendidikan. Tak heran jika pada akhirnya administrasi di sekolah – sekolah dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Administrasi memegang peranan penting.

Setidaknya ada 4 tujuan administrasi yang penting untuk diketahui, antara lain :

  • Efektifitas produksi
  • Efisiensi
  • Kemampuan dalam menyesuaikan diri
  • Kepuasan kerja

Melalui administrasi sekolah inilah semua upaya dalam pemanfaatan berbagai sumber daya dipastikan akan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan di Sekolah Dasar. Khususnya dalam konteks pendidikan di Indonesia, administrasi sekolah dijadikan sebagai sub-sistem dari sistem pendidikan nasional. Oleh karenanya, tujuan administrasi sekolah di Indonesia tidak lain untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Artinya peran administrasi sangat penting untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Jika dilihat dalam pembukaan UU 1945, tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini juga telah tertuang dalam UU No 20 Tahun 2003 yang berisi mengenai sistem pendidikan nasional yang menyebutkan bahwasannya tujuan pendidikan adalah mendidik dan mengembangkan prestasi peserta didik, sehingga menjadi manusia yang lebih beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berilmu, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

Nah, itu dia peran penting administrasi Sekolah Dasar yang harus Anda tahu. Dengan mengetahui pentingnya administrasi dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, perlu semua kita yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk memaksimalkan administrasi di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *