Hafalan Al Waqiah Anak Perempuan Sahabatnya Utsman ra

hizib waqiah, sahabat nabi Utsman bin Affan

Utsman bin Affan ra. merupakan salah satu dari Khulafaurrasidin. Utsman bin Affan dikenal dengan kekayaan dan kedermawanannya. Itulah kelebihan Utsman bin Affan. Beliaulah yang mendukung dakwah Rasulullah saw. dengan harta.

BACA JUGA: 
Kisah Satu Amalan Solusi Untuk Berbagai Masalah

Suatu ketika Utsman bin Affan ra. menemui salah seorang sahabatnya yang sedang sakit. Beliau membawa sejumlah harta yang hendak diberikan kepada sahabatnya yang sedang sakit tersebut. Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Al-Ghazali. Namun, sahabatnya menolak untuk menerima pemberian Utsman ra tersebut.

“Jika kamu tidak mau menerima harta ini, berikan saja pada anak-anak perempuanmu,” kata Utsman ra.

“Mereka telah hafal surah Al Fatihah dan Surah Al Waqiah. Dengan barokah surah tersebut mereka mendapatkan kecukupan,” jelasnya pada Utsman bin Affan ra.

Faedah Hizib Waqiah

Al Quran bukan hanya tulisan di kertas. Ia Kalam Allah, Kalam Ilahi. Membaca dan mendengarnya akan merubah partikel-partikel tubuh, bahkan melihatnya saja, cahayanya akan mempengaruhi sel-sel tubuh dan merubahnya jadi lebih baik. Penyakit luntur, hal-hal buruk yang mengotori hati dan jiwa luntur. Surat AL Waqiah, salah satu surah dalam al Quran, sudah banyak kisah tentangnya. Banyak yang mendapat faedah kelapangan rizki dengan mengamalkan hizib al Waqiah. Semoga kita semua dimampukan untuk merutinkan membacanya setiap hari atau paling tidak seminggus sekali.

Banyak orang menyebut bahwa surat al Waqiah termasuk amalan kaya uang, maksudnya, jika dibaca rutin bisa melancarkan rizqi. Bahkan ada sebagian yang mengatakan surah al Waqiah ini merupakan amalan kaya raya secepat kilat. Segalanya dari Allah. Menurut pemahaman penulis, itu semua adalah makna kiasan, atau majas, bahwa betapa cepatnya pertolongan Allah itu jika kita dekat denganNya. Jadi, jika ada orang menawarkan amalan kaya dalam 3 hari atau amalan kaya raya dalam 40 hari, bukan berarti dia bisa melebihi Allah, tetapi, pertolongan Allah itu sangat dekat. Maka dekatilah Allah dengan banyak ibadah, termasuk membaca surat al WAqiah ini.

BACA JUGA: Asal usul sholawat nariyah

Cara Mendapatkan Ijazah Hizib Waqiah

Untuk mendapatkan ijazah hizib al Waqiah, di jaman modern seperti sekarang sangat mudah. Banyak penawaran online ijazah hizib surah al Waqiah. Biasanya berupa kitab. Jadi dengan memiliki titab tersebut, kita sudah mendapatkan ijazahnya. Ada juga program ijazah hizib waqiah yang dilakukan di suatu tempat, biasanya di pondok pesantren dan diinfokan di sosial media. Anda bisa mengikutinya. Jangan lupa, hal yang perlu diperhatikan adala sanad ilmu. Dari siapa pengijazah mendapatkannya. Sanad keilmuan ini harus jelas.

Cara Saya Mendapatkan Ijazah Hizib Waqiah

Saya sendiri mendapatkan ijazah hizib waqiah ini dari kitab AL IMDAD yang saya beli dari jamaah Guru Sekumpul. Kitab al Imdad adalah kitab kumpulan ibadah Guru Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan. Menurut penjelasan jamaah majlis beliau, semua amalan di AL IMDAD sudah diijazah oleh al marhum Guru Sekumpul. Ada ratib Al Haddad, ratibb AL Ath Thos, Hizib Bahr, Hizib Nashor, Hizib Sakron, Hizib An Nawawi, Sholawat Nariya, dll. Selain itu saya juga mendapatkannya dari salah seorang alumni pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.

Sekian cerita sahabat rasulullah shlallallahu ‘alaihi wasallam yang kaya raya ini, jua sekilas tentang hizib Waqiah. Semoga menginspirasi kita dan semoga membuat kita selalu ingat untuk meneladaninya.

Referensi: Buku Adz Dzahabul Ibriz (Rahasia dan Khasiat Ayat-ayat Al Quran), Terjemahan Kitab karya Imam Al-Ghazali: Adz-Dzahab AL-Ibriz fi Khawash Kitabillahi Al-‘Aziz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *