Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

contoh teks deskripsi tentang sekolah singkat, contoh teks deskripsi tentang sekolah, contoh teks deskripsi tentang sekolah beserta strukturnya, contoh teks deskripsi tentang sekolah baruku,

Dalam kehidupan sehari-sehari pasti kamu pernah menceritakan sebuah objek dan menggambarkan suasananya secara detail ke teman, bukan? Itu yang dinamakan sebagai teks deskripsi. Nah kali ini jika kamu menggambarkan tentang keadaan sekolah itu adalah contoh teks deskripsi tentang sekolah.

Pengertian teks deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan menjabarkan, menjelaskan maupun menggambarkan suatu suasana, keadaan, secara mendetail kepada orang yang membacanya. Oleh karena itu, pembaca seolah-olah dapat mendengar, melihat dan merasakan apa yang ingin disampaikan penulis. Dalam contoh teks deskripsi tentang sekolah, pembaca dapat seolah-olah melihat langsung suasana di sekolah tersebut.

Dinukil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci; uraian.

Baca Juga: 5 Cerita Pendek Bahasa Inggris Tentang Binatang

Fungsi teks deskripsi

Teks deskripsi memiliki beragam fungsi, di antaranya:

1. Teks deskripsi dapat memberi gambaran kepada orang yang belum tahu secara mendetail dan merasakan sendiri gambaran dan cerita yang digambarkan.
2. Memberi penjelasan yang utuh lewat narasi dengan objek yang jelas kepada pembaca.
3. Melatih skill penulis dalam menceritakan sebuah objek. (Diksi, Pembuatan kalimat efektif, dll)

Karakteristik teks deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri dan polanya sendiri, sehingga mudah untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut karakteristik teks deskripsi:

1. Narasi atau penggambaran melalui teks deskripsi dibuat detail mungkin dengan melibatkan kesan indera supaya lebih mudah dimengerti pembaca.
2. Teks deskripsi selalu memuat keterangan objek dalam ceritanya, termasuk tempat maupun seseorang.
3. Pembaca yang membaca teks seolah-olah terjun langsung dan merasakan cerita tersebut seolah melihat sendiri objek tersebut.
4. Karena diceritakan secara detail, objek yang digambarkan harus spesifik mulai dari menceritakan bentuk, warna, tekstur hingga ukuran objek yang diceritakan.

Pengertian teks deskripsi sekolah

Teks deskripsi sekolah adalah teks yang menjabarkan, menjelaskan maupun menggambarkan suatu suasana, keadaan, secara detail dalam suatu narasi dengan topik utamanya adalah sekolah. Jadi, dalam contoh teks deskripsi sekolah yang dijabarkan adalah keadaan sekolah, penulis menggambarkan sekolah kepada pembaca.

Contoh Teks Deskripsi Sekolah

Sekolah saya mempunyai tiga bangunan utama sebagai tempat belajar siswa, yaitu gedung Q, R serta Z. Sekolah saya didukung oleh lingkungan yang sangat bersih dengan tempat parkir yang luas serta memiliki lapangan upacara. Sekolah saya terletak di tengah sawah sehingga suasana di sekolah sejuk dan segar.

Semua lantai beralaskan keramik. Tidak ketinggalan sekolah saya memiliki ruangan besar yang sering disebut sebagai Gedung Serba Guna (GSG). GSG biasanya dipakai untuk acara-acara pernikahan, wisuda, olahraga dan lainnya. Sekolah saya mempunyai ruangan komputer dan laboratoriumnya sendiri. Warna hijau dengan kombinasi biru menambah nuansa sejuk. Selain itu, terdapat kantin dan masjid yang menambah keindahan sekolah saya.

**

Itulah artikel Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *