Cara Ternak Kambing Jawa Yang Mudah Bagi Pemula

Cara Ternak Kambing Jawa pemula, Cara Ternak Kambing Jawa jantan, Cara Ternak Kambing Jawa betina

Cara Ternak Kambing Jawa yang Baik dan Benar – Anda ingin memulai bisnis usaha? Atau ingin memiliki penghasilan tambahan? Akan tetapi anda bingung bagaimana cara memulainya. Nah sekarang coba mulai bisnis anda dengan membudidayakan bisnis kambing jawa ini. Selain anda dapat memanfaatkan dagingnya untuk dijual, anda juga dapat memanfaatkan kotoran dari kambing ini untuk dibuat pupuk pastinya.

Baca juga: Pelajar SMA Beternak Sapi

Bisnis membudidayakan kambing ini memiliki peminat yang lumayan banyak karena permintaan terhadap kambing terus saja melonjak apalagi saat mendekati idul adha. Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk memulai bisnis ini, sekarang saya akan memberitahukan cara ternak kambing jawa yang sangat cocok untuk pemula, silahkan simak beberapa tips dibawah ini :

1. Pilihlah bibit yang unggul

Jika anda ingin memulai bisnis kambing jawa, anda harus mengawalinya dengan memilih bibit yang unggul. Hal ini dikarenakan bibit yang unggul akan mempengaruhi kualitas kambing jawa saat panen nanti. Adapun ciri-ciri kambing jantan yang baik antara lain ialah badannya sehat, memiliki ukuran tubuh yang besar, memiliki badan yang panjang, memiliki kaki yang kurus, dan juga bulu kambing tersebut terlihat mengkilap dan gagah. Selain itu anda harus pastikan bahwa kambing jantan juga memiliki buah zakar yang besar dan tentunya memiliki nafsu kawin yang tinggi pula. Untuk memilih bibit unggul pada betina, anda harus memilih betina yang memiliki bulu yang bersih dan mengkilat, berbadan sehat, memiliki puting susu yang normal, dan juga tidak terlalu gemuk.

2. Gunakan Pakan yang baik

Pakan kambing yang baik diantaranya seperti Dari daun segar, jerami padi, kulit singkong, gedebok pisang, jugs limbah dari buah dan sayur.

3. Kandang – Cara Ternak Kambing Jawa

Kandang untuk kambing jawa haruslah kandang yang nyaman, tidak terlalu panas tetapi juga tidak lembab, dan ada baiknya kandang tersebut berbentuk pa

4. Cara Mengawinkan kambing jawa

Jika kambing betina sudah siap untuk dikawinkan. Maka anda harus menyatukan kedua kambing tersebut dalam satu kandang. Silahkan tunggu 15-17 hari.

5. Perawatan terhadap anak kambing jawa

Setelah anak kambing lahir, rawatlah anak kambing dengan baik dan penuh kasih sayang.

6. Memanen kambing jawa

Kambing bisa dipanen saat memcapai usia 8-12 bulan. Namun khusus untuk hewan qurban maka kambing harus berusia lebih dari 1 tahun sesuai dengan syarat hewan kurban.

Itulah tadi beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis kambing jawa. Jadi, bagaimana? Apakah anda berminat untuk memulai bisnis ini?

Cara Ternak Kambing untuk Pemula 2020

Cara Ternak Kambing untuk Pemula 2020 – Taukah anda bahwa usaha ternak kambing pada jaman sekarang ini masih banyak diminati oleh masyarakat indonesia? Ya, saat ini masih banyak masyarakat yang memelihara kambing untuk di budidayakan karena sangat menguntungkan bagi mereka.

Selain itu permintaan pasar ataupun permintaan dari industri kuliner akan kambing juga dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Apalagi saat hari raya idul adha, tentu saja banyak masyarakat muslim berbondong-bondong membeli kambing untuk dijadikannya hewan kurban.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda menjalankan usaha ini mulai dari sekarang. Tapi sebelumnya saya akan memberitahukan kepada anda keuntungan yang akan anda peroleh saat membuka usaha ternak kambing agar anda lebih percaya diri untuk memulai bisnis ini. Berikut ulasannya untuk anda :

1. Keuntungan Menjalankan Bisnis Kambing

– kambing kaya akan gizi juga memiliki banyak nutrisi

Saya yakin sekali bahwa anda pasti telah mengetahui bahwa daging kambing kaya akan gizi juga nutrisi yang tentu saja baik untuk kesehatan. Selain dagingnya, ternyata susu kambing juga bisa dimanfaatkan loh! Susu kambing ini memiliki nutrisi yang setara dengan Air Susu Ibu (ASI), susu kambing juga sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang mempunyai alergi dengan susu sapi, selain menyehatkan susu kambing ini sangat baik juga jika digunakan untuk perawatan wajah dan juga dapat mencerahkan kulit.

– Waktu panen kambing yang sangat cepat

Kambing merupakan hewan yang dapat dipanen dengan waktu yang singkat.Jika anda memiliki 2 kambing jantan dan 3 kambing betina, maka dalam setahun anda bisa memperoleh 25 ekor kambing dalam perkembangbiakkan tersebut.

– Cara Pemeliharaan kambing yang dapat dilakukan dengan mudah.

Modal beternak kambing lebih sedikit jika dibandingkan dengan beternak sapi dan kerbau.

– Pakan Mudah Didapatkan

Makanan kambing sangat mudah didapatkan karena banyak tersedia di alam seperti dedaunan, rerumputan, kacang-kacangan, jagung, dan lain-lain.

– Modal Kecil

Ternak kambing bisa dimulai dengan hanya menggunakan modal sebesar 5 jt saja. Hal ini tentu saja sangat berbeda jika dibandingkan dengan modal untuk memelihara sapi.

– Mengurangi Pengangguran

Memelihara kambing dalam jumlah yang besar dapat memperbesar lapangan pekerjaan untuk para pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh saat memulai usaha bisnis membudidayakan hewan ternak berupa kambing ini. Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *