Cara Mengatasi Kambing Kejang

Cara Mengatasi kambing Kejang- Memiliki binatang ternak membuat anda harus selalu waspada akan datangnya kemungkinan yang buruk terjadi pada binatang ternak anda, pada itik misalnya jika anda tidak berhati-hati dalam memberi pakan maka bisa jadi itik anda akan mengalami stres. Tak terkecuali pada kambing, penyakit yang sering terjadi pada kambing adalah kejang.

kambing sakit kejang, penyakit kambing kejang, mengatasi kambing kejang, obat kambing kejang kaku,

gambar: travel.dream.co.id

Penyakit kejang pada kambing ini sering juga disebut dengan kejang rumput. Kejang rumput ini sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena kambing yang anda pelihara kekurangan kadar mineral magnesium (Mg) dan Kalsium (Ca) dalam tubuh kambing tersebut. Ketika kambing kurang mengonsumsi mineral maka akan mengakibatkan gangguan syaraf yang terjadi dalam tubuh kambing.

Baca jua: Cara Ternak Kambing Jawa Yang Mudah Bagi Pemula

Tanda klinis yang dapat dilihat ketika kambing anda kekurangan mineral, magnesium, dan kalsium adalah kambing anda mengalami kejang di bagian kaki yang mengakibatkan kambing anda akan susah untuk berjalan, mudah terangsang dan merasa gelisah oleh gangguan suara yang nyaring, menjadi sering kencing, kejang kejang terus terjadi pada beberapa hari setelah kejadian tersebut (terus-menerus), dan juga dapat mengakibatkan kematian pada kambing.

Akan tetapi anda tenang saja karena kami telah menyiapkan tips dan trik dan Langkah pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit kejang pada kambing peliharaan anda, simak ulasannya sebagai berikut :

1. Anda dapat menyuntikkan cairan yang mengandung mineral, magnesium, dan kalsium pada kambing secara intravena, intravena yaitu menyuntikkan cairan tersebut ke dalam pembuluh vena. Dan yang perlu anda ingat bahwa Penyuntikan ini tidak boleh dilakukan sekaligus, tetapi dengan cara sedikit demi sedikit. Ada baiknya anda mengundang dokter hewan untuk melakukan penyuntikan ini untuk menghindari adanya kesalahan saat penyuntikan pada tubuh kambing.

2. Jangan memberikan pakan berupa rumput yang masih muda terlalu banyak kepada kambing karean kandungan mineral magnesium dan kalsium yang terdapat pada rumput tersebut sangat rendah.

3. Anda juga dapat mencampurkan kosentrat dengan bahan pakan yang mengandung banyak mineral, magnesium, dan kalsium. Hal tersebut dapat mengatasi defisiensi mineral yang terjadi pada kambing

4. Cara mengatasi kejang pada anak kambing yaitu dengan cara anak kambing tersebut dijantur, dijantur yaitu anak kambing diangkat dengan kepala menghadap kebawah selama beberapa saat. Dengan begitu selama masa pertumbuhannya, fungsi paru-paru anak kambing itu tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *