Apa Tupoksi Kepala Sekolah SD? Ketahui Jawaban Lengkapnya Disini!

Tupoksi Kepala Sekolah SD, Tupoksi Kepala Sekolah SD negeri

Ingin menjabat sebagai kepala sekolah SD (Sekolah Dasar)? Berikut adalah tupoksi kepala sekolah SD yang penting untuk Anda ketahui terlebih dulu. Jabatan kepala sekolah ini cukup lumayan juga pendapatannya.

Sederhananya, pengertian kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin sekolah yang diselenggarakan proses belajar mengajar. Pada dasarnya istilah kepala sekolah mengandung arti sebagai segala sesuatu yang ada kaitannya dengan tugas pokok, serta fungsi sebagai kepala sekolah.

Baca juga: Cerita Kehidupan di Sekolah

Tupoksi Kepala Sekolah SD

Apa tupoksi kepala sekolah SD? Membahas lebih lanjut mengenai tupoksi atau tugas utama kepala sekolah adalah mengatur situasi, mengendalikan kegiatan kelompok, lembaga atau organisasi, dan menjadi juru bicara yang bijaksana. Selain itu, kepala sekolah juga turut dituntut untuk berperan ganda, baik sebagai resource linke, catalyst, maupun solution givers dan process helpers.

Dan berikut ini adalah beberapa tupoksi kepala sekolah SD yang penting untuk Anda tahu.

Tugas Manajerial

Tugas utama kepala sekolah pertama ini erat kaitannya dengan pengelolaan sekolah hingga semua sumber daya yang bisa disediakan serta dimanfaatkan dengan optimal. Sehingga tercapailah tujuan sekolah yang lebih efektif dan efisien. Adapun tugas manajerial tersebut meliputi :
• Penyusunan perencanaan sekolah
• Pengelolaan program belajar
• Pengelolaan kesiswaan
• Pengelolaan sarana dan pra-sarana
• Pengelolaan personal sekolah
• Pengelolaan keuangan sekolah
• Pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat
• Pengelolaan administrasi sekolah
• Pengelolaan sistem informasi sekolah
• Evaluasi program sekolah
• Menjadi pemimpin sekolah yang bijaksana

Tugas Supervisi

Selanjutnya kepala sekolah juga memiliki tugas penting lainnya, yakni melakukan supervisi terhadap pelaksanaan kerja guru juga staf sekolah. Sehingga guru dan staf bisa bekerja dengan baik dalam menjaga mutu proses dan hasil pendidikan di sekolah.

Tugas Kewirausahaan

Tugas kepala sekolah SD terakhir adalah kewirausahaan. Tujuannya, agar sekolah memiliki sumber daya yang bisa mendukung jalannya sekolah, terutama dari segi finansial. Selain itu, sekolah juga dapat membudayakan perilaku tersebut di kalangan warga sekolah, terutama siswa.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tupoksi kepala sekolah SD. Berbicara mengenai fungsi, kepala sekolah berfungsi sebagai pemimpin yang sudah semestinya dalam praktek sehari – hari selalu berusaha dalam memperhatikan dan mepraktekkan fungsi kepemimpinannya di kehidupan sekolah. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *