Apa Itu Renstra Sekolah?

renstra sekolah, renstra sekolah adalah

Disusun berdasarkan Undang Undang No 17 Tahun 2007, Renstra Sekolah menjadi komponen penting dalam perencanaan pembangunan jangka panjang sebuah organisasi di sekolah. Dibuatnya Renstra atau Rencana Strategis ini bukan tanpa alasan, yakni sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat maupun stakeholder.

Lalu untuk penerapannya sendiri, pejabat tertinggi harus membuat perencanaan yang terstruktur. Dimana hal tersebut dikoordinasi dengan para pegawai atau guru, untuk kemudian dijalankan bersama demi tercapainya tujuan yang diinginkan.

Pengertian Renstra Sekolah Secara Umum

Berbicara lebih lanjut mengenai Renstra Sekolah pastinya menjadi bagian terpenting yang harus ada di sekolah. Rencana Strategis tersebut merupakan dokumen perencanaan berorientasi pada hasil yang ingin dicapai. Dalam pembuatannya, Renstra berisikan mengenai strategi sebagai dasar dalam mengambil keputusan yang lebih bijaksana lagi.

Baca juga: 8 Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Misalnya dalam lingkup SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah, Renstra disusun untuk kurun waktu kerja mulai 1 hingga 5 tahun. Selain itu, dalam Renstra sendiri juga digambarkan tujuan, sasaran, kebijakan, program serta kegiatan dengan memperhitungkan mengenai perkembangan lingkungan yang strategis.

Ini adalah proses berkelanjutan dari keputusan yang dibuat lewat proses pemanfaatan pengetahuan antisipatif dan mengorganisasikannya secara sistematis. Berikut adalah tujuan dibuatnya Renstra yang harus diketahui.

  • Tersedia instrumen yang nanti bisa digunakan pimpinan organisasi. Instrumen tersebut tentunya memiliki
  • peranan penting, sebab digunakan untuk mengarahkan personil dan mengalokasikan semua sumber daya secara optimal. Dengan begitu tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik.
  • Tersedia instrumen awal yang nanti dijadikan sebagai tolak ukur dari pencapaiannya kinerja. Ini digunakan oleh pihak – pihak dalam rangkai menilai serta mengevaluasi kinerja organisasi.
  • Tersedia rencana program berbasis kinerja yang lebih berorientasi pada pelayanan umum.
  • Memudahkan dalam penyusunan dan penyampaian laporan kinerja.

Pada dasarnya penyusunan Renstra memiliki banyak manfaat bagi sebuah organisasi. Pemilihan tujuan organisasi, penentuan strategis hingga program – program strategi pun akan memberikan arahan secara tepat mana saja metode yang diperlukan untuk menjamin strategi dan kebijaksanaan tersebut bisa diimplementasikan dengan baik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang Renstra Sekolah. Diketahui, Renstra bagi suatu organisasi memang sangat krusial. Tanpa strategi yang tepat dalam mengelola organisasi, maka seorang pimpinan seolah – olah melangkah dalam ketidakpastian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *