Administrasi Sekolah SMP, Ketahui Fungsi Lebih Lengkapnya

administrasi sekolah smp, administrasi sekolah smp terbaru

Pengertian administrasi sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama) adalah suatu keseluruhan proses kegiatan di bidang pendidikan, yang mana di dalamnya terdiri dari perencanaan, pengarahan, pembiayaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pengawasan, dan pelaporan. Dalam pemanfaatannya, administrasi di sekolah – sekolah memanfaatkan fasilitas yang ada baik personal, material, maupun spiritual untuk tercapainya tujuan pendidikan yang lebih baik.

Baca juga: Ibu Guru Cantik Yang Malang

Mengetahui Fungsi Administrasi Sekolah SMP Lebih Lengkapnya

Perencanaan

Fungsi administrasi sekolah SMP pertama adalah sebagai perencanaan. Isi dari perencanaan itu sendiri mencakup apa saja yang dilakukan dan bagaimana cara melakukannya.

Pengorganisasian

Selanjutnya adalah pengorganisasian (organizing), ini merupakan kegiatan penyusunan dan pembentukan hubungan pekerjaan antar individu. Melalui hal tersebutlah kesatuan usaha dalam upaya mencapai suatu tujuan akan lebih mudah tercapai. Dengan begitu tujuan administrasi sekolah smp pun bisa terwujud.

Koordinasi

Koordinasi dalam administrasi di sekolah adalah upaya yang dilakukan untuk menghindari kesimpangsiuran yang terjadi di sekolah smp. Dengan kata lain, koordinasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang membawa manusia, ide, material, teknik, dan tujuan dalam suatu hubungan yang lebih harmonis serta produktif.

Komunikasi

Ini adalah hal paling penting dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah SMP. Aktifitas komunikasi mencakup penyebaran dan penyampaian gagasan, baik secara tertulis atau pun lisan.

Pengawasan

Perlu diketahui, bahwa dalam pelaksanaan program pendidikan pastinya harus disertai dengan adanya pengawasan. Proses pengawasan pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Artinya, harus dilakukan dengan teliti dan bijak agar tujuan dari pendidikan itu sendiri bisa tercapai.

Kepegawaian

Berbicara mengenai fungsi, kepegawaian sudah sejak dulu berfungsi dalam proses perencanaan dan pengorganisasian. Dalam hal ini, administrasi sekolah mengupayakan agar yang dipilih untuk menduduki jabatan tertentu di sekolah smp adalah orang – orang yang tepat, yakni yang memiliki kemampuan dan kapabilitas sesuai jabatan yang diberikan.

Penganggaran

Ini adalah jenis anggaran biaya yang telah direncanakan dan direalisasikan untuk mencapai tujuan administrasi sekolah.

Penilaian

Untuk yang terakhir ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui keefektifan pelaksanaan proses keseluruhan organisasi. Sehingga tercapailah hasil sesuai program yang sudah ditetapkan untuk pencapaian tujuan pendidikan di sekolah.

Nah, itu dia beberapa fungsi administrasi sekolah Sekolah Menengah Pertama lebih lengkapnya yang bisa kami informasikan. Cukup banyak juga ya fungsi administrasi di sekolah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *